Propolis Melia Sehat Sejahtera

Propolis

Blogger | Cara Ubay - Saya yakin sobat tidak asing dengan Propolis, yang sudah sangat terkenal di dunia kesehatan herbal,tetapi saya masih ragu jika sobat paham betul apa propolis itu sebenarnya dan apa khasiat dari propolis itu, pada artikel kali ini saya ingin menceritakan pengalaman pribadi  yang selalu konsumsi propolis untuk keluarga, bukan modus promosi lho, tapi benar-benar tentang khasiat luar biasa yang terkandung dalam propolis.

Apa sebenarnya Propolis itu

Propolis berasal dari bahasa Yunani yaitu Pro dan Polis, dimana Pro artinya sebelum dan Polis artinya kota, yang secara umum diartikan Sistem Pertahanan Kota,  kota dalam hal ini adalah sarang lebah, dimana sarang tersebut digunakan untuk menyimpan makanan serta untuk menetaskan telur dan larva agar terlindung dari infeksi bakteri, jamur dan virus, karena lebah tidak memiliki sistem kekebalan tubuh, sehingga lebah membuat perlindungan menggunakan air liur dan pucuk daun poplar yang ditempelkan dipermukaan lubang sarang lebah dan berfungsi juga untuk menempelkan sarang lebah dimana lebah membangun sarangnya, oleh karena itulah lebah sangat tergantung propolis untuk mempertahankan hidupnya.

Asal usul ditemukannya Propolis

  • Pada tahun 1963, seekor tikus telah dijumpai mati di dalam sebuah sarang lebah dan selama 5 tahun tidak membusuk, ini terjadi karena bangkai tikus tersebut di selimuti oleh propolis, hal ini membuktikan bahwa sarang lebah bebas bakteri dan bebas virus.
  • Tahun 1968, seorang peneliti Perancis bernama Dr.Remy Chauvint mengesahkan bahwa : Propolis mengandung mineral dan vitamin lengkap, merupakan “antibiotik” alami, 100 % dapat membunuh bakteri dan virus serta tidak ada efek samping dari penggunaannya.
  • Menurut kajian Leningrad Scientific Conference tentang Aplication of Apliculture (Budidaya Lebah), Propolis sangat kaya akan vitamin A dan B1. Propolis mengandung semua vitamin (Kecuali Vitamin K) dan 14 jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Apa Khasiat Propolis

Berdasarkan penemuan-penemuang mengenai Propolis akhirnya pada tahun 2007 diselenggarakan Forum Propolis Dunia dimana forum ini dihadiri oleh peneliti dan ahli hewan lebah dari seluruh dunia. Dari forum ini dihasilkan suatu temuan yang mengatakan bahwa terdapat lebih dari 39 manfaat propolis bagi kesehatan manusia, antara lain :
  1. Darah tinggi
  2. Stroke
  3. Penyakit jantung
  4. Diabetes
  5. Asma
  6. Bronchitis
  7. TBC
  8. Migrain
  9. Kanker
  10. Kanker payudara
  11. Tumor
  12. Kolesterol
  13. Hepatitis B
  14. Leukimia
  15. Asam urat
  16. Batu empedu/ginjal
  17. Radang ginjal
  18. Mata katarak
  19. Demam berdarah
  20. Maag
  21. Tifus
  22. Hipertiroid
  23. Sakit pinggang
  24. Ambeien
  25. Reumatik
  26. Osteoporosis
  27. Prostat
  28. Kemandulan
  29. Luka bakar
  30. Penyakit kulit
  31. Usus buntu
  32. Herpes
  33. Cacar air
  34. Luka
  35. Eksim
  36. Kista
  37. Radang tenggorokan
  38. Sinusitis
  39. Jerawat

Mengapa Propolis dapat menjadi obat untuk kesehatan manusia

  • Bioflavonoids : memulihkan sistem kapilari serta memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah (1 tetes Melia Propolis setara 500 buah jeruk (bukan 500 vit c ya)
  • Protein ( 16 jenis asam amino )
  • Vitamin Lengkap ( semua vitamin sudah terkandung di dalam Propolis, kecuali vitamin K )
  • Mineral Lengkap ( semua mineral sudah terkandung di dalam Propolis, kecuali Sulfur )
  • Propolis bersifat desinfektan (anti bakteri, virus dan jamur) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Lebah menutupi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut seperti: ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu. Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis terbukti mampu membunuh kuman, hal ini di tunjukkan dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan tidak membusuk.

Pengalaman Pribadi menggunakan propolis 

  • Untuk menjaga kesehatan anak, sejak mengenal propolis ketiga anak saya, tidak diimunisasi, saya percayakan sepenuhnya menggunakan propolis, baik dalam kedaan sehat (kita tidak akan pernah tahu kapan si kecil terinveksi bakteri, virus atau jamur, jika konsumsi walau dalam kondisi sehat secara tidak langsung mencegah masa inkubasi)  maupun pada saat anak tidak enak badanpun saya berikan propolis, Alhamdulillah, berkat Allah memberikan hidayah mengenai pengetahuan propolis anak saya hampir tidak mengenal dokter;
  • Karena Propolis aman dikonsumsi segala umur, dan dapat digunakan untuk mengobati segala macam penyakit baik dalam maupun luar, saya selalu menyediakan di kotak P3K;
  • Kawan saya pernah buta selama 3 bulan, karena pada saat memeriksa ban mobil, tiba-tiba ban mobil meledak tepat saat muka didepan ban mobil yang meledak, setelah ditetesi propolis pasir yang terdapat dibagian bola mata keluar semua, yang disemburkan saat ban meledak, Alhamdulillah hingga kini dia sehat dan dapat beraktifitas kembali;
  • Saudari saya memiliki kanker yang cukup ganas, yang sudah di vonis dokter untuk operasi, ketika diperkenalkan dengan propolis, dia yakin untuk menolak operasi, hingga kini menggunakan propolis sebagai obat, Alhamdulillah sampai saat ini dapat bekerja seperti semula.
  • Dan masih banyak sekali pengalaman-pengalaman yang cukup luar biasa mengenai propolis ini yang tidak dapat diceritakan satu-persatu dalam artikel kali ini.
Bahkan dalam Al Qur’an, An Nahl ayat 69

 ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya :
"kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu, PROPOLIS, royal jelly, bee pollen dll) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS.An-Nahl:69).

Nah, bagaimana denga sobat apakah sudah pernah menggunakan propolis, jika belum silahkan dicoba, karena ikhtiar yang baik dalam menjaga kesehatan.


Salam Blogger,
Terima kasih, telah berkunjung pada Propolis, semoga bermanfaat dan sesuai pada pencarian sobat tentang Propolis,

2 comments

Post a Comment