Perbedaan Online Shop - Marketplace,- eCommerce dan Iklan Baris

Perbedaan Online Shop, Marketplace, e-Commerce & Iklan Baris

Blogger | Cara Ubay - Marketplace VS Toko Online ?  mungkin sobat tidak asing lagi dengan istilah Marketplace yaitu, model bisnis dimana website yang bersangkutan tidak hanya memasarkan atau mempromosikan barang dagangan saja, tetapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Contoh Marketplace besar yang sudah dikenal masyarakat diantaranya : Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Elevania dll, berbeda dengan situs iklan baris seperti OLX (dulu namanya Toko Bagus & Berniaga). Marketplace tersebut juga berbeda dengan E-Commerce besar seperti Zalora, Blibli dan lainnya.

Sedangkan Toko Online atau sering dikenal dengan nama Online Shop yaitu, sistem belanja online dimana pembeli dapat menanyakan harga atau menanyakan apapun terkait produk yang ditawarkan kepada penjual secara langsung melaui : eMail, BBM, LINE, Whatsapp, SMS, Telpon dll.

Perbedaan antara Marketplace, E-Commerce, Iklan Baris dan Toko Online hanya terletak pada cara kerjanya, supaya sobat lebih jelas saya akan menjelaskan cara kerja masing - masing situs tersebut :

Cara Kerja - IKLAN BARIS

Situs iklan baris seperti OLX atau Berniaga, tidak jauh berbeda dengan iklan baris seperti dikoran, dimana pembaca yang tertarik membeli suatu produk akan menghubungi sobat secara langsung melalui e-Mail, Telpon, SMS atau chating yang sobat cantumkan dalam baris iklan, jadi OLX atau Berniaga tidak ikut berperan sama sekali dalam komunikasi atau transaksi antara pemasang iklan dan calon customer, jadi OLX atau Berniaga hanya menyediakan tempat untuk beriklan. Tingkat keamanan sangat rendah sehingga pihak OLX atau Berniaga menganjurkan agar pihak penjual dan calon pembeli bertemu untuk melakukan transaksi,

Cara Kerja - ECOMMERCE BESAR

Beda halnya E-Commerce besar seperti Blibli, Zalora dan lainnya, mereka di dunia nyata, mirip sekali dengan retailer besar atau Department Store di Mall seperti Metro Hypermart, Sogo, Matahari Mall atau Ace Hardware dll.

Cara kerja E-Commerce besar yakni memiliki banyak supplier dimana produk yang akan dijual di seleksi dan di kontrol oleh mereka bahkan pengaturan stock barang dan pengiriman diatur pula oleh mereka, bila sobat berbelanja di e-commerce besar soba dapat menjumpai merk brand brand perusahaan besar yang bekerjasama, sehingga dari segi kualitas produk secara umum lebih cenderung dapat dipertanggungjawabkan.

Cara Kerja - MARKETPLACE

Marketplace atau pasar online mempunyai cara yang berbeda lagi, seperti situs Tokopedia atau Bukalapak yang mempertemukan antara banyak penjual dan banyak pembeli, pada situs marketplace disediakan tempat. fasilitas dan infratruktur agar antara penjual dan pembeli dapat dengan mudah melakukan transaksi.

Pada situs marketplace tidak menjual produk sendiri dan tidak memiliki stock barang, tetapi menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara pembeli dan penjual mudah dilakukan, selain itu marketplace menjadi pihak tengah atau mediator untuk memastikan agar transaksi lebih aman dilakukan.

Penjelasan sederhana cara kerja marketplace antara lain :

  • Pembeli melakukan pembelian barang, dimana pembayaran ditransfer kepada pihak marketplace, bukan ditujukan kepada penjual langsung;
  • Pihak marketplace memberitahukan kepada penjual bahwa pembayaran sudah diterima pihak marketplace, dan pihak marketplace meminta agar pihak penjual segera memproses dan melakukan pengiriman paket barang ke alamat pembeli;
  • Setelah pembeli menerima paket barang yang dibeli, maka pembeli dapat melakukan konfirmasi kepada marketplace bahwa barang sudah diterima (dalam sistem yang lebih canggih lagi menggunakan sistem otomatis mendeteksi melalui resi pengiriman bahwa barang sudah diterima oleh pembeli) selanjutnya pihak marketplace melakukan pembayaran kepada penjual.
Karena konsep mekanisme marketplace lebih aman, sehingga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, disebabkan seringnya terjadi penipuan sebelumnya, dibuktikan dengan berkembang pesatnya situs-situs marketplace.

Apa kekurangan dan kelebihan melakukan penjualan pada situs marketplace (baca : tempat orang lain) ?

Setelah sobat memahami cara kerja marketplace, saya akan memberikan penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan jualan di marketplace :

Kelebihan jualan di marketplace
  • Mudahnya untuk memulai penjualan karena sistem dan prasarana sudah disediakan, dimana penjual tinggal buka akun >> upload foto-foto produk >> dan tulis keterangan produk, BERES!!! biasanya kemudahan ini sangat disukai oleh sobat yang awam;
  • Markeplace yang bagus biasanya ramai pengunjung, seperti halnya kita membuka stand produk pada sebuah Mall besar yang pengunjungnya selalu ramai, maka banyak pula yang nyasar ke stand produk kita dari sekedar melihat - lihat hingga menjadi customer.
Kekurangan jualan di marketplace
  • Marketplace yang ramai biasanya penjual ramai pula, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya penjualan barang yang sama, yang pada akhirnya terjadi perang harga dikarenakan tingkat persaingan yang cukup tinggi, efek terburuk terjadinya LOW PROFIT MARGIN.
  • Calon pembeli akan lebih leluasa berpindah ke penjual lain untuk melakukan "Look Around" atau melihat- lihat dan melakukan perbandingan harga, dan sangat memungkinkan calon pembeli melakukan transaksi dengan penjual lain.
  • Berjualan di marketplace otomatis kita tidak membangun sebuah brand dari jualan bisnis online sobat, mengapa ? pada umumnya customer jarang sekali mengingat sebuah brand, mereka cenderung mudah mengingat nama website/situs atau nama marketplacenya.
Sobat tidak memiliki kontrol penuh pada website/situs marketplace, karena kita hanya numpang jualan di tempat orang lain, suatu saat pemilik marketplace/tempat akan merubah aturan main dimana sobat harus mengikuti aturan main pemilik marketplace/tempat tersebut, apabila sobat tidak mau mengikuti aturannya maka sobat tidak dapat berjualan di marketplace mereka, karena pemilik marketplace mempunyai hak sepenuhnya atas marketplace yang mereka bangun.

Apa kelebihan dan kekurangan jualan di Toko Online milik sendiri ?

Ibarat sebuah pepatah pebisnis online yang telah berhasil dalam usahanya : "Sobat belum benar - benar menjalankan bisnis online jika sobat belum membangun sendiri sebuah website atau toko online yang memiliki kontrol dan hak sepenuhnya terhadap toko online atau website yang sobat bangun". 

Sangatlah riskan jika sobat membangun sebuah bisnis yang bergantung sepenuhnya pada tempat atau website milik orang lain (Forum, Facebook, Instagram, Twitter, Marketplace dll) 

Artinya jika ingin membangun sebuah bisnis online maka kita memulai dengan membangun sebuah bisnis dimana segala sesuatunya dapat dikontrol sendiri sepenuhnya.

Kelebihan jualan di Toko Online sendiri
  • Sobat memiliki kontrol sepenuhnya terhadap website atau toko online yang sobat bangun, sehingga sobat bebas berekspresi terhadap produk yang sobat jual, misal : mengadakan promosi atau apapun, dan yang lebih asyik tidak ada yang dapat mengusir saat bisnis sobat berkembang dengan pesat;
  • Dengan memiliki website atau toko online sendiri (tentunya nama domain toko sobat), secara otomatis sobat sedang membangun sebuah brand toko sobat sendiri dengan kata lain sobat sedang membangun sebuah aset;
  • Customer sobat akan mudah mengingat brand/website/toko online sobat yang pastinya akan kembali berbelanja pada toko online sobat;
  • Pastinya tidak ada penjual lain di website/toko online sobat, sehingga tidak akan pernah terjadi perang harga dan customer sobat tidak akan nyasar ke penjual lain, seperti yang sering terjadi di marketplace.
Kekurangan jualan di Toko Online sendiri
  • Tingkat kesulitan jelas lebih tinggi dalam membangun website atau toko online sendiri dibandingkan dengan jualan di marketplace yang simple, seringkali faktor dan kendala teknis inilah yang menjadi alasan sehingga orang tidak membangun atau membuat website/toko online sendiri, saat ini sebenarnya sudah sangat banyak tools/alat bantu untuk membangun sebuah website/toko online baik yang berbayar maupun gratisan, sangat berbeda saat 5th yang lalu.
  • Sobat WAJIB belajar untuk mendatangkan traffic atau visitor/pengunjung ke toko online sobat, seperti : cara promosi dan berbagai cara marketing agar toko sobat ramai dikunjungi.
  • Calon pembeli yang mengunjungi website/toko online yang sobat bangun kadang merasa ragu untuk melakukan transaksi, jangan-jangan sudah transfer barang tidak segera dikirim.

Lalu apa kesimpulannya ?

Berjualan di Marketplace atau Toko Online sendiri  . . . jawabannya : Berjualan di Keduanya, baik di Marketplace ataupun di Toko Online sendiri.

Untuk Berjualan di Keduanya Tahapannya adalah sebagai berikut :
  • Sobat WAJIB membangun Toko Online sendiri, karena sobat perlu membangun sebuah brand sendiri dan membangun sebuah aset dimana memiliki kontrol sepenuhnya, dalam membangun website/toko online gunakanlah tools/alat bantu yang dapat digunakan dengan mudah untuk membangun website/toko online sobat;
  • Lakukan PROMOSI melalui berbagai strategi marketing seperti : iklan pada Google, Share melalui Sosial Media dll;
  • Lakukan penjualan di Marketplace yang ramai dikunjungi, apabila yang sobat jual adalah hasil produk sobat sendiri sehingga tidak terjadi perang harga, dikarenakan produk yang sama dibulang tidak ada, sehingga pesaing relatif lebih kecil;
  • Usahakan pembeli yang sobat dapatkan di marketplace diarahkan untuk mengunjungi website/toko online anda sendiri agar dapat melihat-lihat produk yang sobat jual pada wbsite/toko online sendiri.


Salam Blogger,
Sukses Besar untuk Sobat Semua, Terima kasih atas kunjungan sobat pada artikel Perbedaan Online Shop, Marketplace, e-Commerce & Iklan Baris, semoga bermanfaat untuk sobat, dan sesuai dengan pencarian sobat mengenai Perbedaan Online Shop, Marketplace, e-Commerce & Iklan Baris

4 comments




Hello, Do you need a loan from The most trusted and reliable company
in the world? if yes then contact us now for we offer loan to all
categories of seekers be it companies or for staff usage. We offer
loan at 3% interest rate, Contact us via email:
tommanmefunding123@gmail.com

(1) Full Name
(2) Full Address
(3) Country
(4) Age
(5) Occupation
(6) Tell phone number
(7) Sex:
(8) Loan Amount needed:
(9) Loan Duration

Email us at: tommanmefunding123@gmail.com

Reply

Halo, Apakah Anda perlu pinjaman dari perusahaan terbesar dan terpercaya
Di dalam dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang untuk kami menawarkan pinjaman kepada semua
kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf. Kami menawarkan
Pinjaman dengan tingkat bunga 3%, Hubungi kami melalui email:
tommanmefunding123@gmail.com

(1) Nama Lengkap
(2) Alamat Lengkap
(3) Negara
(4) Umur
(5) Pekerjaan
(6) Beritahu nomor telepon
(7) Seks:
(8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
(9) Durasi Pinjaman

Email kami adalah: tommanmefunding123@gmail.com

Reply

Post a Comment