Google Allo Tembus 1 Juta Unduhan

Google Allo


Blogger | Cara Ubay - Google Allo adalah aplikasi chatting yang telah diunduh oleh satu juta pengguna platform Android (minus iOS), wajar jika aplikasi keluaran Google hanya dalam waktu seminggu diunduh dalam jumlah yang cukup masif, disebabkan kepercayaan netizen terhadap pelayanan Google yang sudah sangat mapan.

Pendaftaran Google Allo sangat praktis, karena dapat disinkronisasi dengan akun Google. Hal yang paling penting bagi Google adalah memastikan pengunduh Allo merupakan pengguna aktif aplikasinya, sehingga nasib Allo tak seperti "kakaknya", Google Hangout.

Aplikasi video-calling Duo yan diluncurkan sebelum Allo, Keduanya diperkenalkan di ajang kumpul developer Google I/O pada pertengahan 2016 di San Francisco, AS. Bersamaan dengan perilisan dua aplikasi komunikasi maya tersebut, Google juga meluncurkan sistem operasi Android N yang kini menjadi Nougat.

Google Allo dianggap Tidak Aman

Mantan pegawai NSA bernama Edward Snowden mencoreng kredibiltas Google, yang membenarkan bahwa Google telah membenamkan fitur enkripsi end-to-end dari Open Whisper Systems yang mampu mencegah percakapan disadap oleh siapa pun, termasuk agen pemerintah, Tetapi enkripsi tersebut tidak diaktifkan secara default layaknya pada instant messenger lain seperti WhatsApp. Untuk menyalakannya, pengguna harus lebih dahulu masuk ke mode “Incognito”. Mode Incognito sendiri bisa diakses lewat menu pesan atau message yang ada di pojok kanan bawah.

Hal ini menurut Snowden merupakan kelemahan besar dari Allo dalam hal privasi pengguna. Kenapa enkripsi tak dilakukan secara default? Snowden mengklaim hal tersebut bisa mengganggu kerja fitur andalan Allo, namun terlepas dari itu,  Allo tetap meraup banyak peminat, dimana  Google Duo, kini telah diunduh sekitar lima juta kali dalam rentang 10 hari pasca pertama kali dirilis. 

Google Allo dipatrikan kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) Google Assistant yang bisa membantu melakukan berbagai macam hal, antara lain memberi saran soal balasan seperti apa yang biasa dilakukan, atau memesan tempat di restoran untuk pengguna dan lawan bicara. AI Google Assistant bekerja dengan menganalisis isi pesan pengguna. Kalau enkripsi diaktifkan, maka kecerdasan buatan ini tidak bisa membaca pesan pengguna dan tak mampu berfungsi.



Salam Blogger,
Salam Sukses untuk sobat semua, terima kasih telah membaca artikel Google Allo Tembus 1 Juta Unduhan, semoga bermanfaat dan sesuai dengan kata kunci sobat.

Post a Comment