Amazon Berencana Masuk Ke Indonesia

Amazon

Blogger | Cara Ubay - Berawal dari penjualan buku secara online, kini Amazon telah menjadi e-Commerce Raksasa berasal dari Amerika Serikat (AS). Amazon yang didirikan oleh Jeff Bezos dalam waktu dekat akan masuk ke Indonesia dengan investasi sebesar US $ 600 juta berkisar Rp. 7,8 Triliun untuk tahun pertamanya, yang dikutip oleh Dow Jones.

Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, yang merupakan salah satu faktor mengapa Amazon ingin masuk ke Indonesia.

Penjualan e-commerce di Indonesia saat ini diperkirakan baru sekitar US $ 3,2 milyar, jumlah tersebut kecil dibandingkan dengan nilai pasar retail yang mencapai US $ 150 milyar, artinya potensi industri e-commerce di Indonesia masih sangat besar.

E-commerce yang berpusat di Seatle, Washington ini merupakan perusahaan pengecer terbesar di Amerika Serikat yang bekerja secara online, yang menjual banyak jenis produk mulai dari buku hingga produk elektronik, Selain itu, Amazon juga dikenal dengan inovasinya dengan meluncurkan komputer tablet Kindle dan ponsel Kindle Fire. Sang pendiri Amazon melalui unit bisnis lain juga mengembangkan bisnis perjalanan wisata ke luar angkasa.

Apabila kabar Amazon masuk ke Indonesia benar, tentu saja Amazon harus bersaing dengan situs e-commerce yang lain, seperti Blibli yang dimiliki kelompok bisnis Djarum dan Lazada yang sebagian besar sahamnya telah dimiliki oleh Alibaba. Di Asia Tenggara, Indonesia menyumbang 75 persen transaksi bagi Lazada.

Ini belum termasuk Tokopedia yang disokong oleh SoftBank dan Sequoia Capital dan BukaLapak yang 49 persen kepemilikannya dikuasai oleh PT Elang Mahkota Technolohgy atau Emtek Group.
  

Salam Blogger,
Sukses untuk sobat semua, terima kasih telah membaca Amazon Berencana Masuk Ke Indonesia, semoga bermanfaat dan sesuai dengan kata kunci pencarian sobat.

Post a Comment