Teknologi Terbaru Budidaya Udang Vannamei

Teknologi Baru Budidaya Udang Vannamei

Blogger | Cara Ubay - Budi daya udang vannamie di Kabupaten Kebumen bukan lagi hal yang baru, terutama bagi masyarakat daerah Kecamatan Puring, dimana terdapat pantai bernama pantai bopong, jika sobat berkunjung kesana sobat akan melihat ratusan tambak udang vannamei. Pemilik tambak selain dari daerah setempat juga ada yang dari daerah lain. Jumlah petani udang vannamei semakin tahun semakin bertambah dikarenakan adanya MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean yaitu konsep pasar bebas yang diberlakukan di Asia Tenggara yang sudah diberlakukan sejak tahun 2015, dan merupakan salah satu perwujudan AFTA (Asean Free Trade Area), tentunya persaingan perdagangan semakin ketat, karena orang dari negara tetangga akan bebas masuk ke Indonesia untuk menjual : barang, jasa serta keahliannya. Oleh sebab itu, budidaya udang vannamei sangat cocok untuk komoditas bisnis pada pasar MEA.

  • Mengenal Udang Vannamei.

Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) adalah salah satu jenis udang introduksi yang berasal dari Pantai Pasifik Barat Amerika Latin yang kemudian meluas hingga Asia, di Indonesia sendiri Udang Vannamei sudah dikenal masyarakat sejak tahun 2001. Udang yang dikenal dengan nama udang putih ini dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi dan dagingnya yang gurih, sehingga banyak diminati baik oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri,

Udang yang berasal dari Panama ini memiliki kelebihan pada tingkat adaptasi yang baik, yang memungkinkan tingkat kematian udang sangat kecil, maka peternak akan terhindar dari kerugian besar, disamping itu udang vanammei memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi dikarenakan nafsu makan yang cukup tinggi, sehingga mempercepat masa panen. Dalam tempo sekitar 15 hari sejak tebar telur, udang vannamei sudah memiliki ukuran Post Larva (PL) 6, yang artinya siap untuk dipanen dan dijual pada peternak pembesaran.

  • Prospek Bisnis Udang Vannamei 

Prospek pasar udang vannamei cukup bagus, disebabkan faktor kejelasan harga dan kejelasan pasar, karena kebutuhan udang vannamei ini disajikan hingga restauran berkelas di luar negeri, selain itu saat panen kita tidak perlu bersusah payah memasarkan hasil panen udang vannamei, karena para tengkulak besar siap menerima.

Pilihan bisnis pada budidaya udang vannamei ada 3 pilihan yaitu : 
  1. Pembibitan udang vannamei;
  2. Pembesaran udang vannamei;
  3. Pembibitan dan Pembesaran udang vannamei;
Dimana masing - masing memiliki pembelajaran khusus dalam menjalankan bisnis udang vannamei, di Pantai Bopong Kecamatan Puring, rata - rata peternak memilih pembesaran udang vannamei, saat penulis berbincang - bincang dengan salah satu peternak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembesaran udang vannamei, yaitu : 
  1. Faktor Keasaman Air (ph);
  2. Faktor Kebersihan Air;
  3. Faktor Oksigen dalam air (do).
Dari ketiga faktor tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa faktor pengendalian air dalam pembesaran udang vannamei cukup vital disamping pemilihan pakan yang baik, sedangkan untuk pemberian pakan yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Pakan yang tidak membuat kekeruhan air;
  2. Penjadwalan pemberian pakan yang tepat;
  3. Komposisi gizi dalam pakan;
Dalam melakukan pengendalian air dan pengendalian pakan peternak di pantai Bopong Kecamatan puring masih menggunakan cara manual, sehingga pendeteksian ph & do air serta pengendalian pemberian pakan kurang akurat yang menyebabkan biaya pengelolaan menjadi lebih tinggi.

  • Teknologi Baru Budidaya Udang Vanammei

Teknologi yang dapat diterapkan pada budidaya udang vannamei adalah : listrik dengan menggunakan kincir angin, alat pemberi pakan otomatis, alat control Ph dan Do.

Dibawah ini saya akan memberi sedikit gambaran mengenai teknologi alat pemberi pakan otomatis dan alat control Ph dan Do.

(Gb. 1 alat pemberi pakan otomatis)

1. eFishery (Pemberi Pakan Otomatis)

eFishery adalah alat pemberi pakan otomatis untuk segala jenis ikan dan udang yang diciptkan oleh Gibran Huzifah Alumnus ITB jurusan Biologi, yang berhasil menjadi Juara I dalam kompetisi startup Get In The Ring (GiTR) yang diadakan di Rotterdam, Belanda pada tahun 2014. Alat ini tidak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, tetapi juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time. Sobat dapat mengakses data pemberian pakan kapanpun dan dimanapun Sobat berada secara lengkap. Tidak ada lagi masalah over-feeding, pemberian pakan ikan yang tidak teratur atau pakan yang diselewengkan. eFishery memberikan solusi yang terbaik, terpercaya, dan terjangkau. 

Cara kerja eFishery


2. Alat Untuk Monitoring PH dan DO Jarak Jauh


(Gb. 2 Alat Kontrol Ph dan Do)


Alat untuk monitoring PH dan DO diciptakan oleh Teknologi Indonesia LIPI, sistem online monitoring dan otomatisasi tambak udang pengelolaan tambak udang bebasis SMS Gateway yang terdiri atas komponen sensor, transmiter data logger, PLC dan modem GSM, agar sobat lebih jelas mempelajarinya sobat dapat mendownload e-Booknya dibawah ini :


Apabila sobat tertarik dan ingin merealisasikan tanpa repot-repot merakit alat-alat tersebut diatas, sobat dapat menghubung kami melalui komentar dibawah ini, atau melalui kontak


Salam Blogger,
Sukses untuk Sobat semua dan terima kasih telah membaca artikel Teknologi Terbaru Budidaya Udang Vannamei, semoga bermanfaat dan sesuai dengan kata kunci pencarian sobat.

3 comments

Shrimp is a brackish water species of fish consumption , segmented body numbered 13 ( 5 segments of the head and chest section 8 ) and the whole body is covered by the outer shell called eksosketelon . Generally shrimp are available in the market mostly consists of crawfish .

Bandar togel hongkong

Reply

Artikel yang menarik, kamu bisa baca artikel lain di link ini http://news.unair.ac.id/en/

Reply

Post a Comment